Oli mesin merupakan pelumas utama untuk mesin motor. Fugngsinya melapisin mesin, terutama piston agar tidak bergesek secara kasar. Dengan dilapisi oli, gesekan menjadi lembut dan terhindar dari lecet dan aus.

Di antara banyaknya jenis oli seperti oli mineral, oli semi synthetic dan full synthetic, ada juga varian oli yang lebih tinggi kualitasnya, yaitu Ester.

Apa itu oli Ester?

Oli Ester ini umumnya diperuntukan untuk kebutuhan balap, dimana mesin selalu bermain pada rpm tinggi dan membutuhkan suhu yang stabil.

Oli dengan kandungan ester ini termasuk dalam base Oil dengan tingkat tertinggi saat ini. Adanya kandungan ester, membuat tingkat keausan bisa lebih minimal hingga 0%.

Fungsi kandungan ester ini mampu melindungi mesin pada putaran tinggi, sebab oli ini dapat menjaga suhu mesin lebih stabil. Bahkan, semakin lama dia bekerja justru output power mesin akan semakin membaik.

Pada motor harian dengan mobilitas tinggi, selain memberi kenyamanan dalam berkendara, tentunya akan lebih hemat. Jarak pakai oli ester biasanya lebih panjang dari oli full synthetic sehingga masa penggantiannya menjadi lebih lama.