Oli MPX2 untuk Motor Apa? Ini Dia Jawabannya!

Oli MPX2 untuk motor apa ya? Barangkali Anda sedang mencari informasi mengenai jenis oli ini dan kendaraan yang sesuai. 

Namun sebelum itu, apakah Anda tahu fungsi oli untuk mesin motor? Mengapa sih kita harus mengganti oli motor secara berkala?

Fungsi Oli pada Motor

1. Pelumas 

 Fungsi utama oli mesin adalah memberikan pelumasan pada setiap bagian mesin yang membutuhkannya. Karena itu, Anda harus memperhatikan dan memilih produk dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan kendaraannya. 

2. Mencegah kebocoran gas di ruang boiler 

Selain sebagai pelumas, oli mesin juga memiliki fungsi sebagai pencegah emisi gas terjadi berlebihan di ruang bakar kendaraan. 

3. Menurunkan suhu mesin 

Suhu mesin bisa meningkat, saat mesin bekerja keras. Dengan adanya oli, mesin tetap terjaga suhunya sehingga mengurangi peluang mogok.

4. Pengendali logam hasil gesekan

Saat mesin bekerja, gesekan antar komponen pasti akan terjadi. Dari sini, kemudian timbul kontaminan, atau logam-logam yang muncul akibat pergesekan. Oli mesin akan dapat memfilter logam tersebut sehingga tidak merusak mesin.

5. Mencegah karat 

Seperti yang Anda ketahui, setiap bagian mesin terbuat dari logam, sehingga wajar jika terjadi karat. Untuk itu keberadaan oli mesin ini dapat mencegah terjadinya karat pada bagian-bagian mesin.

Nah, sudah tahu fungsi oli mesin kan? Memang adanya oli ini sangatlah penting bagi kendaraan. Karena itu, jangan lupa untuk menggantinya sesuai petunjuk pabrik dan menyesuaikan jenis dengan motor yang Anda miliki.

Oli MPX2 untuk Motor Apa?

Oli MPX2 merupakan salah satu jenis oli yang dikembangkan oleh Honda Jepang yang dijual dengan nama AHM Oil, yang ditujukan untuk pemakaian motor matic. Dengan spesifikasi SAE 10W-30, API-SL, JASO:M8, Oli MPX2 dikatakan sebagai pelumas berkualitas dengan daya lindung terhadap mesin motor matic yang baik.

Tak hanya itu, oli ini juga mengefisienkan pemakaian bahan bakar, tetapi mampu menjaga performa mesin lebih bertenaga. Limbah yang dihasilkan juga akan baik untuk lingkungan, sehingga sepeda motor Anda tidak mencemari udara di sekitarnya. 

Jadi motor apa saja yang cocok menggunakan jenis oli ini?

Mengacu pada deskripsi produk oli AHM MPX2, oli ini bisa digunakan untuk semua motor matic merek Honda. Mulai dari Beat, Beat Street, Genio, Scoopy, Vario 125, Vario 160, PCX, ADV 160, PCX e-HEV, hingga Honda Forza. 

Berapa Harga Oli MPX2?

Di dealer atau bengkel resmi Honda, Anda dapat membeli oli MPX2 ini dalam ukuran 0.8 liter, dengan harga Rp52.000. 

Keunikan oli MPX2 ini adalah pada botol dan stikernya yang berwarna putih, dan tutupnya yang berwarna biru. Jangan sampai Anda membeli merek yang palsu ya.

Nah, itulah jawaban dari pertanyaan oli MPX2 untuk motor apa. Semoga dapat memberikan gambaran mengenai jenis oli ini, penggunaannya, hingga harganya.

Jangan lupa untuk mengganti oli sesuai petunjuknya ya.