Sebegai negara dengan jumlah penduduk kurang lebih 267 jiwa dan menjadi negara dengan populasi terbanyak ke-4 di dunia, sepeda motor menjadi salah satu pilihan mobilitas  kendaraan yang dipilih kebanyakan warga indonesia. Hal ini membuat banyak industri kendaraan roda empat dan roda dua melakukan banyak investasi dan inovasi di setiap kendaraaan yang menjadi primadona masyarakat.

Khusus pengendara motor, perlu diketahui bagaimana cara mengendarai sepeda motor yang baik dan benar untuk mencegah terjadinya kecelakaan sesama pengendara dan pengguna jalan. Selain harus menaati aturan lalu lintas, pengendara wajib memiliki kelengkapan yang digunakan untuk pengendara motor yaitu SIM, helm SNI, jaket, sepatu dan juga kondisi motor yang sesuai dengan aturan kepolisian Republik Indonesia.

Banyaknya kendaraan di jalanan kota tentunya semakin membuat polusi udara semakin berbahaya. Sebagai contoh, Jakarta menempati urutan ke-3 sebagai wilayah kota dengan kualitas udara terburuk di dunia. Mengutip dari Kompas.com, kualitas udara Jakarta tercatat tidak sehat, dengan Air Quality Index (AQI) atau indeks kualitas udara sebesar 157 dengan konsentrasi parameter PM2.5 68 ug/m3.

Bahan Polyester

Kondisi ini membuat pengendara motor harus menggunakan masker untuk menutup bagian mulut dan hidung agar mengurangi dampak dari polusi. Berdasarkan informasi dari WHO (World Health Organization) lebih dari 6 juta kematian di dunia, sebagian besar disebabkan oleh polusi udara.

synthetic fiber

Baca Juga: Harga Ban Michelin Untuk Motor Matic

Dari berbagai macam merk dan kualitas masker, ada hal yang perlu diingat bahwa pemilihan masker harus sesuai dengan fungsi dan manfaanya. Bahan yang cocok untuk masker pengendara motor yaitu polyester, synthetic fiber filter yang berguna untuk menyaring udara kotor dan debu, lalu poly spandex. 

poly spandex

Bahan-bahan tersebut terbukti aman karena dengan menggunakan masker tentunya kita bisa lebih terjaga dari polusi udara dan berbagai macam penyakit terutama flu. Selain itu dengan menggunakan masker kita juga bisa lebih berkonsentrasi dalam berkendara.

Maka dengan mengetahui kondisi polusi udara yang semakin tidak baik untuk kesehatan, pemakain masker bisa di coba pencegah penyakit dan masker sudah tesedia di toko online dan toko otomotif di Indonesia.

 

(FA/RN)