Perkembangan motor matic di Indonesia sangat pesat. Banyak konsumen saat ini beralih dari motor bebek ke motor matic. Dari total penjualan motor matic tahun 2018 semester 1 yang tercatat sebanyak 3.596.502. unit. Dari jumlah terdebut, 83,93% di antaranya adalah motor matic. Motor bebek hanya menyumbang 7,98 % dan motor sport hanya 242.803 unit. Uniknya, Yamaha Nmax menempati urutan 5 besar motor terlaris di Indonesia dengan penjualan 199.862 unit.

Yamaha Nmax mendapatkan respon positif dari masyarakat pengguna sepeda motor. Selain dari mesin dengan teknologi yang modern, Nmax juga dilengkapi ABS Dual Channel (Anti-lock Braking System) depan dan belakang. Riding position yang juga didukung oleh lantai yang menyediakan dua posisi tumpuan kaki sehingga lebih rileks sehingga kaki dimungkinkan lurus serta bersandar pada punggung sayap motor.

Namun, banyak netizen yang menganggap bahwa pengguna motor Nmax cenderung "garang" di jalan. Akselerasi motor yang berlebihan dan enggan berbagi jalan dengan pengendara lain serta penggunaan aksesoris seperti lampu strobo, sirine dan modif suara klakson menjadi lebih tinggi terkadang membuat pengguna jalan merasa terganggu oleh pengguna Nmax tersebut.

Akan tetapi, hal tersebut hanya beberapa asumsi netizen yang merasa pengendara Nmax kurang bersahabat. Bentuk motor Yamaha Nmax yang besar dan bisa memuat barang banyak menjadi model program Layad Perawat di Bandung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Disamping itu, pernah juga ada momen di mana pengendara Nmax kerap ikut membantu ambulance yang membawa pasien kritis untuk membuka jalan di kemacetan sepanjang jalur di Garut Jawa Barat. Komunitas Yamaha Nmax di beberapa daerah terbilang sukases menjadi komunitas motor yang solid dengan kegiatan yang positif.

Sebagai pengendara motor di Indonesia, senantiasa harus bijaksana dan taat akan aturan lalu lintas. Selalu menghargai sesama pengguna jalan agar mengurangi tingkat kecelakaan sesama pengendara. Keep safety riding!

 

(FA/RN)