Bagi masyarakat Indonesia, memilki kendaraan pribadi adalah sebuah kebutuhan. Masyarakat memiliki banyak pertimbangan untuk memilih alat transportasi yang bisa mempersingkat waktu dan menembus kemacetan, sepeda motor menjadi salah satu solusi nya. Dengan harga yang lebih murah dibanding dengan kendaraan roda empat, sepeda motor juga memiliki perawatan yang cukup mudah.

Bicara tentang mesin, jika semakin sering sepeda motor digunakan, maka kualitas mesinnya akan melemah. Terutama jika pemakaian yang berulang setiap harinya digunakan untuk menempuh jarak yang berbeda. Namun jangan salah, terlalu jarang digunakan juga bukan berati motor Anda aman dari kerusakan atau menurunan performa. Sepeda motor memiliki fungsi bergerak dimana kendaraan tersebut harus dinyalakan mesinnya untuk melakukan perjalanan. Jika terlalu jarang digunakan, maka mesin motor akan kaku. Sejumlah cairan seperti oli mesin akan mengalami pengendapan dan membuat motor jadi “lumutan”.

Jika Motor Tidak Dirawat

Perawatan mesin motor adalah hal yang harus diperhatikan. Faktor yang membuat performa motor menurun dan banyaknya kendala saat dikendarai, merupakan akibat dari kurangnya perawatan terhadap mesin. 

Servis motor secara rutin memiliki tujuan untuk meremajakan mesin motor. Jika tidak dilakukan secara berkala, akan terjadi penumpukan timbal pada ruang pembakaran injeksi atau karburator. Adanya penumpukan timbal dapat menyebabkan saluran bensin tersumbat sehingga akselerasi motor berkurang. 

Pergantian oli wajib dilakukan untuk melindungi dinding blok dari gesekan piston. Oli yang lama tidak diganti dapat menyebabkan pergerakan piston atau seher melambat sehingga tenaga motor berkurang. Saat pelumas oli sudah dalam kondisi tidak baik, seher akan bekerja lebih keras karna oli menjadi lebih kental dari biasanya. Saat piston bekerja lebih keras, maka dapat menimbulkan luka dan baret pada dinding blok seher yang dapat menyebabkan masuknya kotoran dari filter udara sehingga pembuangan gas menjadi hitam atau keruh.

Baca Juga: Servis Motor, Bisa Tanpa Bongkar Mesin!

Merawat Motor

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat service motor. Servis tersebut mencakup pemeriksaan dan penggantian oli mesin, pembersihan debu halus, pemeriksaan kalistrikan dan sparepart pendukung, penyetelan karburator, celah klep dan celah busi yang jika sudah tidak memungkinkan, maka sebaiknya diganti dengan yang baru. Tidak hanya dari luarnya, pengecekan dan pembersihan juga dilakukan pada saluran udara dan ruang bakar.  Sisanya, cukup menyetal aki, tekanan angin ban, suspensi depan dan belakang, saluran bahan bakar, air radiator, penyetelan gas tangan dan pergerakan stang kemudi.

Banyak keuntungan yang bisa didapat dengan service motor secara berkala. Selain menjaga kesehatan mesin motor, Anda juga turut meminimalisir produksi polusi udara. Servis motor dilakukan minimal dua sampai tiga bulan jika pemakaian sehari-hari atau pemakaian 2000 km. Servis motor bisa dilakukan di bengkel resmi seusai pabrikan motor maupun di bengkel biasa. 

 

(FA/RN)