Kenyamanan berkendara sepeda motor ditentukan dari ban yang digunakan. Ban motor dengan ukuran yang pas dengan velg dan memiliki alur ban yang tepat sesuai permukaan jalan, menjadi kunci berkendara yang nyaman. Tidak heran, ban motor menjadi kebutuhan penting bagi sepeda motor.

Ban motor merupakan yang paling penting karena memiliki kinerja paling vital dan bisa berpengaruh terhadap keselamatan maupun kenyamanan selama berkendara. Ban menjadi komponen utama yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan dan menahan bobot sepeda motor dan pengendaranya.

Upsize Ban Motor

Mengganti ban motor tentu menjadi salah satu kebutuhan pengendara sepeda motor, terutama jika ban tersebut sudah aus, botak dan mengeras. Namun, Anda tidak bisa sembarangan mengganti ukuran ban yang lebih kecil atau lebih besar dari ukuran velgnya. Anda harus menyesuaikan ukuran velg dan ban motor yang digunakan.

Menaikkan ukuran atau upsize ban motor, biasanya lebih ditujukan untuk tampilan yang terlihat lebih padat. Umumnya, upsize ban akan membuat motor lebih nyaman dikendarai. Ukuran ban yang lebih besar akan lebih tebal dan lebih lebar sehingga meredam benturan di permukaan jalan dengan lebih halus.

Meski nyaman, upsize ban motor akan membuat tarikan menjadi lebih berat dan manuver yang terbatas karena permukaan ban yang menapak di aspal menjadi lebih banyak. Penggunaan ban upsize dalam jangka panjang dapat berpengaruh pada komponen lain seperti gear dan rantai yang jadi lebih cepat aus atau drive belt yang berumur lebih pendek karena tenaga yang digunakan lebih besar.

Penggantian ban motor yang lebih besar juga ditentukan oleh ukuran velg. Jika ukurab velg dan ban motor berbeda, maka akan sangat berbahaya. Velg yang kecil dengan ban yang lebih besar akan membuat ban lebih mendonat. Ban yang mendonat memiliki potensi sliding yang lebih besar karena perbandingan ukuran lebar velg dan ban motor memiliki space yang cukup jauh.

Downsize Ban Motor

Jika ingin mengganti ukuran ban dengan yang lebih kecil dari velg, maka jangan sampai hal tersebut membuat motor Anda menjadi tidak nyaman dan tidak aman untuk dikendarai. Penggunaan ban yang di downsize bisa membuat kendaraan menjadi lebih licin dan mudah slip.

Anda harus memperhatikan ukuran velg dan ban motor yang sesuai untuk berkendara. Menggunakan ban dengan profil yang lebih kecil dan tipis, juga dapat
membuat bantingan motor jadi lebih ringan. Baik di tikungan maupun di jalanan yang tidak merata, hentakan akan sangat terasa dan bantingan akan lebih ringan sehingga mengganggu keseimbangan.

Sesuaikan Ukuran Velg Dan Ban Motor

Saat mengganti ban motor, Anda harus memilih ban motor yang sesuai dengan velg roda motor Anda. Ukuran velg dan ban motor yang pas akan membuat kinerja berkendara menjadi lebih aman.

Ketahui terlebih dahulu ukuran velg ban Anda sebelum mengganti ban motor. Hal ini bisa dilihat di buku panduan yang Anda terima saat membeli sepeda motor. Jika motor yang Anda beli adalah motor bekas, Anda bisa menanyakan spesifikasi ukuran velg dan ban motor kepada penjual. Hal ini penting untuk Anda ketahui.

Sebelum membeli ban motor, pastikan mekanik atau penjual ban motor mengetahui ukuran velg motor Anda. Ban yang sesuai dengan ukuran velg akan lebih aman digunakan. Selain itu, motor akan lebih nyaman digunakan dengan velg yang sesuai dengan ukuran ban.

Tidak hanya ukuran velg dan ban motor yang harus disesuaikan. Perhatikan juga fungsi dan tujuan berkendara. Velg dan ban motor yang digunakan untuk jalanan dengan medan terjal dan berlumpur seperti motor trail tentu sangat berbeda dengan velg dan ban untuk motor harian.