Kejadian bocor halus sering kali tidak dihiraukan pengendara sepeda motor, karena ban yang bocor halus tidak langsung mudah dideteksi tapi tau-tau ban sudah kempes. Meski ban tubeless diklaim mampu lebih lama bertahan dan lebih kuat daripada ban tubetype, tetap saja ban tubeless tidak luput dari kebocoran.

Tidak seperti bocor besar yang langsung terasa saat dikendarai, motor yang mengalami bocor halus biasanya hanya terasa kempes perlahan-lahan. Ketika bertanya pada ahli bengkel biasanya mereka akan bilang motor Anda hanya kurang angin.

Lalu kenapa ban motor bisa kempes kalau nggak bocor?

Ada beberapa penyebab yang dapat membuat ban tubeless mengalami bocor halus. Supaya makin waspada, perhatikan tiga penyebab berikut ini Planeters!

Kebocoran Pada Bagian Sambungan Velg dan Ban

Apabila ban tubeless mengalami kebocoran halus, faktor utama yang menjadi penyebabnya yaitu terdapat kebocoran di bagian sambungan velg dan ban. Tak melulu bagian permukaan, penyebab ban tubeless sering mengalami kebocoran juga dapat dari bagian dalamnya. Untuk merapatkan bagian velg dan sisi ban, biasanya digunakan lem atau sealer yang dioleskan pada bagian pinggir velg.

Apabila pengolesan lem tersebut kurang rata, maka besar kemungkinan velg dan ban akan muncul rongga yang menyebabkan anginya keluar dari celah tersebut. Selain pemberian lem yang tidak rata, penyebab angin keluar dari rongga velg juga disebabkan oleh kondisi velg yang sudah bengkok karena benturan dengan benda-benda keras.

Kebocoran Pada Pentil Ban

Penyebab ban tubeless mengalami bocor halus berbeda dengan penyebab bocor besar. Biasanya penyebab utama ban mengalami kebocoran besar disebabkan oleh tertancap benda-benda yang tajam seperti paku. Sedangkan bocor halus lebih disebabkan oleh faktor internal dari ban itu sendiri.

Salah satu faktor internal yang menjadi penyebab ban mengalami bocor halus yaitu nipple ban yang bocor. Nipple ban atau yang lebih familiar pentil, merupakan bagian yang cukup penting karena sebagai jalan masuknya tekanan angin.

Apabila ban tubeless Anda sering kempes tanpa diketahui penyebabnya, bisa saja bagian pentil yang kendor inilah yang menjadi pemicunya. 

 

Ban yang Sudah Aus

Penyebab terakhir dari ban tubeless yang sering bocor yaitu keadaan ban yang sudah usang dan aus. Ban yang digunakan dalam jangka waktu yang lama dengan medan yang cukup landai, memiliki risiko aus yang lebih besar karena selalu bergesekan dengan benda halus.

Meskipun demikian, Anda dapat memilih ban dengan kualitas yang baik untuk mengurangi risiko ban aus karena sering digunakan. Selain itu Anda juga bisa merawat ban tubeless agar terhindar dari ban bocor halus!

 

Pilih Ban Tubeless Berkualitas!

Di Planet Ban, ban motor tubeless dari Michelin merupakan pilihan tepat! Beli ban motor Michelin di Planet Ban, langsung gratis nitrogen! Michelin, ban tubeless berkualitas yang nyaman digunakan untuk aktivitas berkendara dengan mobilitas tinggi. Dengan adanya Michelin Overlap Technology (MOT), ban Michelin memiliki lapisan karet yang tebal dan canggih sehingga tidak mudah rusak dan nyaman digunakan untuk berkendara jarak jauh.

Baca juga: KENAPA HARUS BELI BAN MICHELIN DI PLANET BAN?

Tidak hanya itu, Anda bisa tetap isi ulang nitrogen gratis selama pemakaian ban Michelin yang dibeli di Planet Ban. Caranya cukup dengan scan QR code dari aplikasi Planet Ban atau tunjukan kartu member Planet Ban!

 

(ER/RN)