Penggunaan sepeda motor dinilai lebih efisien karena dapat menghemat waktu perjalanan. Kemampuan sepeda motor untuk menghindari kemacetan menjadi nilai tambah. Belum lagi penggunaan bahan bakar yang lebih awet karena efisiensi penggunaannya.

Namun, semakin sering motor digunakan dapat mengakibatkan konsumsi bensin yang lebih banyak dibandingkan dengan awal penggunaan motor. Hal ini wajar jika motor memasuki tahun ke-3 dengan penggunaann yang relatif sering dalam beraktifitas sehari-hari.

Jika kondisi motor anda dalam keadaan yang baik namun bensin cenderung boros, tentu manjadi hal yang tidak menyenangkan. Nah, kira-kira apa saja penyebab bensin motor menajadi boros.

Penyebab Bensin Boros

Air Filter Kotor

Air Filter yang kotor bisa membuat aliran udara jadi tersumbat. Hal ini dapat mengakibatkan campuran bensin dan udara yang dibakar busi menjadi tidak sempurna. Tekanan yang berat membuat konsumsi bensin menjadi lebih banyak. Perlu adanya pembersihan saringan udara di motor bertipe kering.

Ban Kempis

Ban yang kekurangan tekanan angin, secara otomatis akan menjadi berat. Beban berat ini yang kemudian membuat keluaran bensin menjadi lebih banyak karena tarikan mesin ikut menjadi berat. Tekanan angin yang berkurang memang tidak terlihat kempis, oleh sebab itu perlu dilakukan pengecekan setiap 1 minggu sekali.

Setelan Karburator/Injektor

Karborator atau injektor pada motor masa kini marupakan saluran menyambung dari bensin ke ruang bakar. Komponen ini bisa diatur sesuai kebutuhan, biasanya jika anda memodifikasi motor. Setelan yang terlalu boros dapat mengakibatkan bensin cepat habis.

Busi Yang Tidak Sesuai Spesifikasi

Meski terlihat sangat biasa, namun busi emiliki oengaruh pada penggunaan bensin sepeda motor. Sebagai pemantik api untuk proses pembakaran, busi akan menyulut bensin yang sudah mengalir ke ruang bakar sehingga menghasilkan tenaga pada mesin motor. Jangan lupa, pastikan mengganti busi sesuai dengan spek motor.

Kerak karbon yang menumpuk

Percaya atau tidak, kerak karbon yang menumpuk pada salah satu bagian mesin motor akibat sisa-sisa dari pembakaran motor bisa menghambat performa mesin. Hal ini turut membuat bensin menjadi boros. Kerak karbon diakibatkan dari oktan bensin yang tidak sesuai dengan mesin motor.

Coba cek lagi kondisi motor Anda jika penggunaan bahan bakar menjadi boros. Lakukan pengecekan sejumlah komponen untuk memastikan penyebabnya. Lakukan juga servis motor secara rutin untuk menjaga performa motor tetap stabil.