Penyebab Tekanan Oli Terlalu Rendah Adalah Beberapa Hal Ini, Yuk, Dicek!

Pelumasan merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh pemilik kendaraan, baik mobil maupun motor, demi memastikan kendaraannya bisa berjalan dengan baik dan tak cepat rusak. Namun, ada kalanya pelumasan terjadi tidak merata akibat turunnya tekanan oli. Karena itu, penyebab tekanan oli terlalu rendah adalah hal penting yang harus segera dicari jawabannya.

Jika pelumasan tidak bisa merata, maka akan terjadi gesekan antar komponen yang bisa menyebabkan masalah yang lebih besar. Penyaluran oli yang tidak merata ini memang bisa disebabkan oleh tekanan oli yang terlalu rendah, atau bahkan tidak ada. Akibatnya, suhu mesin naik dan hal ini bisa menimbulkan kerusakan lebih parah.

Sementara, oli sendiri memiliki masa pemakaian, minimal 3 bulan, juga tergantung intensitas pemakaian penggunanya. Lalu, apa yang menjadi penyebab tekanan oli terlalu rendah? Apakah masa pemakaian ini berpengaruh? Yuk, kita lihat satu per satu.

Penyebab Tekanan Oli Terlalu Rendah Adalah Beberapa Hal Berikut

1. Volumenya kurang

Salah satu penyebab tekanan oli terlalu rendah adalah volumenya yang berada di bawah kapasitas. Maka, tak heran jika distribusi pelumasan menjadi tak merata, dan membuat lampu indikator tekanan oli menyala.

Solusinya tentu saja menambahkan oli, agar volumenya pas dengan yang dibutuhkan.

2. Pompa rusak

Pada oli, ada komponen pompa yang akan membantu menyalurkan oli ke seluruh bagian mesin untuk melumasi. Jika pompa ini rusak, maka bisa dipastikan distribusi oli menjadi tidak lancar, lantaran tekanan oli terlalu rendah.

3. Viskositas tidak tepat

Viskositas adalah tingkat kekentalan oli yang dibutuhkan agar dapat berfungsi dengan baik. Tingkat kekentalan ini dibedakan menurut kemampuan oli untuk bisa mengalir di dalam mesin. Oli dengan kekentalan rendah biasanya digunakan untuk melindungi mesin saat suhu dingin. Sedangkan oli yang lebih kental akan melindungi mesin pada suhu tinggi dengan lebih baik.

Karena berbeda fungsi, maka Anda pun harus menyesuaikannya dengan kebutuhan mesin motor Anda. Jika tidak tepat, maka bisa terjadi beberapa hal, salah satunya tekanan oli menjadi terlalu rendah. Kalau ini terjadi, distribusi oli dalam mesin pun melambat.

4. Filter oli bermasalah

Filter oli berfungsi sebagai penyaring kotoran yang muncul agar tidak masuk ke dalam tangki oli. Jika ini terjadi, maka tekanan oli menjadi bermasalah. Jadi, kemungkinan penyebab tekanan oli terlalu rendah adalah filter oli yang kotor atau rusak. Anda bisa mengeceknya, dan kemudian menggantinya, agar kotoran tidak menyumbat pendistribusian oli ke mesin.

Selain rusak atau kotor, aliran oli juga bisa terhalang sesuatu pada filternya, sehingga alih-alih keluar dengan lancar, oli hanya bisa menetes kecil saja.

5. Komponen Aus

Alasan lain yang bisa menjadi penyebab tekanan oli terlalu rendah adalah komponen mesin yang telah aus. Biasanya hal ini terjadi pada bearing piston ataupun bearing crankcase. Mengapa ini bisa terjadi? Mungkin saja kendaraan Anda memang sudah cukup berumur.

Nah, jadi bisa disimpulkan, bahwa penyebab tekanan oli terlalu rendah adalah 5 hal di atas. Jangan lupa untuk servis rutin ya, agar hal-hal seperti terlalu rendahnya tekanan oli ini tidak perlu terjadi.