Bicara tentang menjaga ban motor agar tetap awet, sebetulnya bisa dilakukan dengan menjaga tekanan angin pada ban motor. Tekanan angin yang tetap sesuai bisa membuat permukaan ban menempel utuh dan bisa mengatur tekanan dari beban yang diangkut sepeda motor. Hal ini yang membuat ban bisa tetap awet dan tidak cepat botak.

Perbedaan Angin Biasa dan Nitrogen

Nitrogen merupakan gas udara yang sudah tersaring dan tidak memiliki kandungan air di dalamnya. Meski tanpa adanya kandungan air, namun nitrogen mempunyai suhu yang lebih dingin, lebih ringan tapi lebih “mengisi” komposisi udara dalam ruang, di mana dalam hal ini adalah ban motor. 

Berbeda dengan angin biasa. Di dalam angin biasa, terdapat kandungan air yang bisa menguap saat suhu sedang panas. Udara dalam tenkanan angin biasa akan berubah menjadi air yang membuat bobot ban menjadi lebih berat. Hal ini yang turut membuat ban sobek akibat terlalu berat menahan beban saat melaju dan pastinya lebih cepat botak. 

Kelebihan Mengisi Ban Dengan Nitrogen

Baca Juga: Promo Akhir Tahun; Diskon Ban Motor Hingga 100ribu!

Untuk menjaga ban motor agar tetap awet dan tidak cepat botak, penggunaan nitrogen bisa menjadi pilihan yang tepat. Ada beberapa keunggulan jika menggunakan nitrogen untuk ban motor:

  • Tekanan angin pada ban menjadi lebih awet dan tahan lama sehingga lebih jarang untuk mengisi angin.
  • Tekanan ban tetap stabil dan daya cengkram di aspal lebih kuat sehingga lebih aman untuk melaju.
  • Ban yang tekanan udaranya lebih ringan, otomatis membuat bobot kendaraan lebi ringan sehingga mampu menghemat konsumsi bahan bakar
  • Mencegah kelebihan beban yang mengakibatkan ban menjadi sobek dan pecah
  • Minimnya kandungan air dari nitrogen membuat velg terhindar dari karat

Untuk kualutas yang maksimal, sebaiknyadilakukan penguras angin dalam ban sebelum diisi penuh dengan nitrogen.

Biaya Isi Ulang Nitrogen

Promo: Diskon Hingga 35% Khusus Ban Big Bike!

Untuk melakukan pengisian nitrogen, umumnya tidak bisa dilakukan di bengkel biasa. Pengisisan nitrogen biasanya berada di bengkel ban modern, Salah satunya bisa dilakukan di Planet Ban setelah pembelian ban motor tipe apa saja.

Tapi sekarang, sudah tidak lagi. Cukup dengan mendownload Aplikasi Planet Ban yang tersedia di google play dan app store ios, Anda bisa melakukan pengisan nitrogen secara gratis untuk ban motor tanpa perlu belanja. Cukup lakukan scan QR code di Planet Ban terdekat untuk isi ulang nitrogen secara GRATIS!