Perbedaan Vario 160 ABS dan CBS

Honda Vario 150 merupakan salah satu varian sepeda motor Honda yang digemari oleh para pecinta skuter matik di Indonesia. Ada beberapa hal yang menjadi selling point dalam Vario 150 misalnya saja desain yang enak dilihat dan gagah, performa mesin yang mantap, dan combination brake yang memudahkan pengendara. 

 

Namun sayang sekali di kuartal pertama tahun 2022, varian Honda ini kemudian mendapatkan perubahan dramatis dengan munculnya Honda Vario 160. Ya, varian Vario 150 sudah tidak lagi diproduksi dan dijual di Indonesia. Vario 160 sebagai penggantinya mendapatkan mesin baru yang lebih bertenaga dengan fitur keselamatan yang lebih mumpuni. 

 

Terdapat dua varian dari Honda Vario 160 yaitu tipe CBS dan tipe ABS. Kedua motor ini dibanderol dengan harga sekitar Rp. 28 jutaan. Harga ini tentunya merupakan upgrade dari Vario 150 edisi standard dan sporty yang dijual di kisaran harga 24 juta rupiah. 

 

Ada beberapa perbedaan Vario 160 CBS dan ABS yang cukup menonjol, di antaranya:

 

1 Sistem Pengereman

 

Perbedaan utama Vario 160 CBS dan ABS tentunya ada pada sistem pengereman yang digunakan. ABS sendiri merupakan Anti-Lock Brake System sedangkan CBS merupakan Combi Brake System. 

 

Meski keduanya merupakan sistem pengereman, secara mendasar ABS bekerja secara elektronik, sedangkan CBS bekerja secara mekanis. ABS memungkinkan ban motor tidak slip saat terjadi panic braking atau pengereman mendadak sedangkan CBS membuat pengereman lebih optimal karena rem depan dan belakang bekerja bersamaan. 

 

ABS sendiri menjaga agar ban motor tidak mengunci saat pengendara melakukan pengereman mendadak. Hasilnya resiko tergelincir akibat roda yang terkunci dapat dihindari. Fitur tersebut bekerja berdasarkan sensor wheel speed yang diterima dan diolah oleh Electronic Control Unit (ECU). 



CBS sendiri memiliki sistem yang dapat memperpendek jarak berhenti saat melakukan pengereman dengan mengombinasikan rem depan dan rem belakang. Rem depan dan belakang dapat bekerja bersamaan meski pengendara hanya menarik satu tuas rem. 

 

2 Bobot

 

Vario 160 ABS memiliki berat yang relatif lebih besar dari Vario 160 CBS. Untuk varian CBS memiliki bobot 115 Kilogram sedang total berat ABS adalah 117 kilogram. 

 

3 Pilihan Warna

 

Terdapat pilihan warna dan emblem yang berbeda kepada dua motor ini. Meskipun keduanya memiliki warna Active Black, dan Grande Matte Black, pada tipe CBS terdapat warna Grande Matte Red, sedangkan pada tipe ABS terdapat warna Grande White. 

 

Selain itu tipe Vario 160 CBS masih menggunakan sticker pada body kit. Hal ini berbeda dengan tipe ABS yang menggunakan emblem 3D untuk memberikan kesan lebih premium. 

 

4 Parking Brake Lock

Fitur parking brake lock ini sudah ditanggalkan untuk tipe ABS, sedangkan pada varian Honda Vario 160 CBS, fitur parking brake lock masih terpasang. Hal ini disebabkan karena rem belakangnya masih tromol, sementara Honda Vario 160 ABS sudah menggunakan dua cakram depan dan belakang. 

 

Nah setelah mengetahui perbedaan Vario 160 ABS dan CBS, kira-kira varian mana yang akan menjadi tambatan hati Anda? Selamat memilih!