Menghadapi kemacetan di perjalanan memang menjengkelkan, terutama saat sedang terburu-buru untuk mencapai tujuan. Meskipun tidak dalam kecepatan tinggi, tetap dibutuhkan keterampilan berkendara yang baik dan juga sigap untuk menghindari kecelakaan atau cedera saat berkendara dengan motor di jalan raya yang padat merayap.

Untuk Anda yang berkendara melewati jalur kemacetan, apa saja di yang harus diperhatiakan?

1. Kontrol Emosi

Kondisi jalan yang macet, tentunya tidak mudah untuk dilalui meskipun Anda sedang terburu-buru. Berkendara di tengah kemacetan membutuhkan banyak kesabaran agar tidak bersenggolan dengan pengendara lain. Bersenggolan dengan pengendara lain dapat memicu keributan.

2. Perhatikan Posisi Berkendara

Di tengah kemacetan, Anda harus berusaha untuk mencari celah agar bisa menembus padatnya kendaraan. Tapi, pastikan Anda selalu memperhatikan sekeliling hingga bagian belakang jalan melalui kaca spion agar dapat bergerak tanpa bertabrakan dengan kendaraan di belakang.

3. Selalu Sigap Untuk Pengereman

Ada banyak kemungkinan yang bisa saja terjadi saat Anda berusaha melalui celah-celah jalan di tengah kemacetan. Ketika Anda mendapat celah untuk melaju, Anda tetap harus waspada terhadap kemungkinan dari pengendara motor lain yang akan menyalip. Pastikan jari tangan dan kaki Anda sigap untuk menarik dan menginjak tuas rem.

Cek! Harga Ban Motor Bulan Desember 2019! Gratis Pasang Lho!

4. Atur Persneling Dan Percepatan

Selain lebih banyak melakukan pengereman, Anda juga harus sigap untuk mengatur percepatan atau tarikan gas motor. Bagi pengendara sepeda motor bebek atau sport dengan persneling, sebaiknya berkendaralah dengan gigi rendah agar bisa selalu siap untuk berakselerasi. Untuk pengguna matic, pastikan jangan menarik gas secara tiba-tiba.

5. Nyalakan Lampu Sign Sebelum Berbelok

Saat berada di tengah kemacetan, tentunya tidak mudah untuk berpindah jalur atau berbelok. Pastikan Anda tidak lupa untuk menyalakan lampu sign sebelum berbelok dan berpindah jalur untuk memberi tanda kepada pengemudi lain, terutama yang berada di belakang.

Pastikan untuk tetap berhati-hati selama berkendara. Perhatikan seklitar Anda sebelum memacu kendaraan terutama saat terjebak di kemacetan.

 

(RN)