Ada banyak sekali pemberitaan media tentang pencurian sepeda motor. Hal ini tentu membuat Anda sebagai pemilik sepeda motor seharusnya lebih berhati-hati dalam menyimpan kendaraan.

Pencurian sepeda motor kerap terjadi bukan hanya karena adanya niat dari pelakunya, tapi juga karena ada kesempatan untuk mencuri. Kesempatan itu biasanya di lingkungan yang sepi sehingga jauh lebih mendukung, atau juga karena kelalaian Anda dalam menyimpan motor.

Agar sepeda motor Anda tetap aman dan bebas dari tinda kejahatan pencurian motor berikut perhatikan hal-hal berikut ini:

1. Hindari Parkir Motor Di Sembarang Tempat 

Parkirlah sepeda motor Anda di tempat parkir resmi yang aman, seperti tempat parkir yang dijaga oleh petugas parkir berseragam atau tempat parkir resmi berbayar. Pastikan juga pihak tersebut dapat menjaga sepeda motor Anda secara terjamin.

2. Jangan Meninggalkan Barang Berharga Di Motor

Jangan menyimpan barang berharga dalam bentuk apa pun di sepeda motor. Tidak ada jaminan keamanan jika Anda menyimpan barang berharga di bagasi motor. Sebab jika motor Anda dicuri, barang berharga yang Anda tinggalkan di sepeda motor otomatis akan ikut hilang.

3. Lengkapi Motor Dengan Pengamanan Lebih / Alarm

Ada baiknya Anda sedikit memodifikasi sepeda motor Anda dengan melengkapi alarm. Fungsinya adalah untuk mencegah tindak pencurian pada motor Anda. Alarm bisa diatur agar berbunyi jika kunci stang dibuka paksa.

4. Hindari Aksesoris Yang Menarik Perhatiaan

Biarkanlah motor Anda dalam kondisi tampilan sesuai standar bawaan pabrik. Tidak perlu melangkapi motor dengan aksesoris yang menarik karena bisa menjadi incaran pencuri kendaraan bermotor.

5. Periksa Kembali Sebelum Meninggalkan Motor

Pastikan anda telah mengunci sepeda motor Anda dengan aman. Anda bisa juga menggunakan kunci gembok atau rantai agar lebih aman. Jangan lupa untuk tidak meninggalkan barang berharga Anda di sepeda motor.

Semoga tips di atas bisa membantu Anda agar lebih memperhatikan kendaraan Anda sebelum ditinggalkan di tempat parkir.

(RN)