Sepeda motor injeksi yang tersebar saat ini memiliki komponen utama, yaitu ECU (Electric Control Unit). ECU berfungsi sebagai pengendali seluruh komponen kelistrikan pada sepeda motor. Namun, perlu diketahui, agar ECU bekerja secara optimal maka perlu direset secara berkala.

Bukan hanya sekedar menembalikan ke pengaturan awal saja, mereset ECU ternyata memiliki peran yang penting saat malakukan servis motor. Melakukan reset ECU pada sepeda motor injeksi berungsi untuk mengatasi kode error yang muncul di motor.

Ketika proses reset ECU dilakukan, maka seluruh parameter akan dikembalikan sesuai standar pabrikan. Hal ini merupakan salah satu cara paling mudah untuk membuat motor kembali segar. Proses reset ECU akan dilakukan baik ada atau tidaknya keluhan yang dialami konsumen pada sepeda motornya, sebab tidak semua kendala sistem pada motor dapat ditampilkan oleh lampu kedipan MIL (Malfunction Indicator Lamp).

Selain saat melakukan servis rutin, mereset ECU sangat dianjurkan terutama saat penggantian aki baru. Begitu juga jika sepeda motor sering gonta ganti bensin dengan oktan berbeda-beda. Seret ECU juga dapat menanggulangi beberapa masalah seperti tarikan yang terasa loyo dan gejala brebet atau boros bahan bakar.