Berkendara sepeda motor bisa jadi adalah rutinitas yang harus dijalani masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu, kepemilikan sepeda motor adalah hal yang wajib sebagai kebutuhan. Lalu, apa jenis motor yang nyaman digunakan untuk beraktivitas, terutama di kota besar?

Jalanan

Jalanan di kota besar yang padat penduduk dan rutinitas tentu kurang memberi ruang yang nyaman untuk berkendara. Semakin banyak volume kendaraan baik roda 2 maupun roda 4 mempersempit jangkauan jalan sehingga sulit untuk melaju terutama di jam-jam padat. Kemacetan yang bahkan hampir terjadi setiap jam tentunya membuat motor canggih sekalipun tidak nyaman dikendarai.

Lalu, bagaimana untuk yang saat ini hendak membeli motor? Melihat padatnya jalanan, apakah masih nyaman jika menggunakan motor sport yang gaya dan kapasitas mesin besar untuk melaju? Atau memilih motor matic yang simple tapi terasa "kurang greget"?

Motor Sport

Memiliki motor sport dengan gaya yang "macho" tentunya membuat pengendara, khususnya pria bisa lebih percaya diri. Meskipun saat ini, baik perempuan juga sudah aktif menggunakan motor sport.

Motor sport memiliki kecepatan yang lebih stabil di atas 60km/jam dengan aerodinamin yang nyaman untuk digunakan. Namun ditengah kemacetan, motor sport sulit mencari celah sehingga butuh kesabaran ekstra jika sedang terburu-buru. Ditambah lagi, setelan kopling membuat kenyamanan berkendara jadi lebih melelahkan.

Motor Matic

Motor sejuta umat ini kian hari-kian digemari, baik tua maupun muda, laki-laki ataupun perempuan. Untuk kapasitas mesin standar di 125cc, sejumlah motor matic di-design lebih kecil dan ringan sehingga bisa menyalip saat berada ditengah kemacetan.

Pengunaan motor matic dengan kemudahan pengoperasian, bukannya tidak memiliki kendala. Kebiasaan stop and go, tentu membuat putaran mesin bisa naik dan turun dengan cepat dan tiba-tiba. Perlu diketahui, kebiasaan ini memiliki pengaruh terhadap konsumsi bensin sehingga lebih boros.

Sesungguhnya untuk sepeda motor, kembali kepada selera dan kapasitas kegunaan. Banyak diantara masyarakat yang senang dengan tampilan motor yang bagus seperti motor sport namun ingin kenyamanan semudah motor matic. Sebaiknya, pilih dengan bijak terlebih dahulu sebelum membeli motor. Pilihan, ada di tangan Anda.

(RN)