Meningkatnya jumlah pemilik sepeda motor membuat jalanan jadi lebih padat, terutama di jam-jam sibuk. Sebut saja saat jam padat pagi antara jam 7 hingga jam sembilan dan jam padat sore antara jam 5 hingga jam 8 malam. Jalanan akan dipenuhi pengguna sepeda motor, mobil, bus kota bahkan pejalan kaki.

Dalam padatnya aktifitas sehari-hari tersebut, Anda pasti pernah terjebak di momen yang tidak mengenakan seperti macet. Terjebak macet tentunya adalah hal yang lumrah dan mungkin pernah dialami oleh siapa saja. Maka dari itu, tim riset jalanan kami merangkup titik-titik kejebak macet yang paling tidak enak di jalan raya. Apakah Anda juga pernah mengalaminya?

Baca Juga: Planet Ban Sedia Ban, Oli, Dan Servis Motor!

1. Di Belakang Truk Angkut Ayam

Anda pasti tahu kalau ada truk yang suka mengangkut ayam. Truk ini dalah distributor dari peternak ayam untuk para pemilik usaha potong ayam. Apakah Anda pernah terjebak di belakangnyasaat sedang macet? Ya, bau dari ayam yang mungkin tidak pernah mandi ini bisa menyiksa sekali selama Anda sedang terjebak di balakangnya saat macet.

2. Di Belakang Truk Sampah

 

Terjebak di belakang kendaraan yang mengeluarkan bau tidak sedap saat sedang terjebak macet lainnya adalah: di belakang truk sampah. Seperti yang kita ketahui, truk sampah memiliki bau yang sangat tidak sedap. Belum lagi tetesan air yang keluar dari celah truk. Haduh!

3. Di Belakang Motor Knalpot Berasap

Pernah terjebak di belakang motor yang mengeluarkan knalpot berasap? Hati-hati, knalpot mengeluarkan asap karbon sisa pembakaran yang sangat tidak sehat untuk kesehatan. Jika terlalu lama terkena asap motor, Anda akan mengalami sakit tenggorokan hingga paru-paru, panas hidung, mata berair dan membutuhkan tindakan medis. Sebaiknya, hindarilah posisi kejebak macet yang ini.

Klik Di Sini Untuk Mengetahui Tarif Servis Motor Di Planet Ban!

4. Samping Bus 

 

Selain motor dengan knalpot berasap, terebak di sisi bus yang ada knalpotnya juga berbahaya. Saat sedang macet, mungkin tidak terasa apa-apa. Dampaknya adalah saat truk hendak berjalan. Tarikan gas pertamanya akan memuntahkan asap hitam dari pembakaran yang mungkin sudah tidak bagus. Umumnya, knalpot bus ada di sebalah kanan atau di belakang.

5. Di Depan Polisi

 

Meski sudah memiliki Surat Izin Mengemudi dengan kode C, membawa surat-surat lengkap, kaca spion terpasang dan lampu-lampu motor menyala semua, kami yakin Anda masih suka deg-degan saat ada razia sepeda motor. Beberapa pengguna sepeda motor masih kerap kali merasa panik saar terjebak macet di samping atau di depan kendaraan milik polisi. Padahal, kalau surat-surat lengkap, kenapa merasa bersalah? Hmmm

6. Di Depan Ambulance

Mobil ambulance merupakan kendaraan yang memiliki prioritas paling tinggi untuk diberi jalan. Bayangkan jika jalanan sedang macet dan Anda terjebak dengan posisi mobil Ambulance di belakang Anda. Pasti ada rasa bersalah dan tidak nyaman, di saat yang sama, Anda juga kesulitan berpindah posisi karena kendaraan di depan dan balakang Anda stuck.

7. Di Samping Pengamen Gerobak Dorong

Meski sudah berada di jalur sebelah kiri, besar kemungkinan Anda akan terjebak macet. Sejumlah perempatan jalan tidak mengizinkan Anda belok kiri langsung dan harus mengikuti petunjuk lampu lalu lintas. Mulanya terlihat biasa saja, hingga pengamen gerobak dorong! Jika Anda terjebak macet dan bersebelahan dengan pengamen gerobak dorong, sudah dipastikan suara sound systemnya yang high note bisa mengganggu pendengaran Anda.

Itulah tadi sejumlah posisi terjebak macet yang paling tidak nyaman yang pernah dialami oleh para pengendara motor. Sebaiknya, Anda menjaga jarak terlebih dahulu sebelum memasuki kawasan jalanan yang macet agar tidak terjebak dalam posisi-posisi di atas.

Kami juga membahas posisi macet paling tidak enak tadi di youtube yang bisa Anda saksikan dengan meng-klik link berikut: https://bit.ly/2GefPPS

(RN)