Service Motor Injeksi dan Perawatan yang Diperlukan

Sama halnya dengan mesin bergerak lainnya, service motor injeksi perlu dilakukan secara berkala. Meski motor injeksi menggunakan teknologi terbaru yang perawatannya lebih mudah, namun motor tersebut tetap memiliki resiko aus atau kerusakan lainnya.

Motor injeksi dan karburator sama-sama membutuhkan service. Hanya saja service motor injeksi tidak sesering motor dengan mesin karburator. Perawatan apa yang saja yang diperlukan motor injeksi? Simak pembahasannya di artikel ini.

Service Motor Injeksi yang Diperlukan

Motor injeksi diklaim sangat minim perawatan. Bahkan ada yang berpendapat bahwa servis cukup dilakukan setahun sekali.  Benarkah demikian?

Berikut adalah service motor injeksi yang diperlukan:

1. Service Berkala

Laman Astra Motor menyarankan agar dilakukan service berkala pada motor injeksi setiap 3 bulan sekali atau sesuai rekomendasi pabrik. Dalam service ini akan dilakukan pengecekan ECU (Engine Control Unit). ECU bertindak sebagai otak pada motor. Jika ECU rusak, maka seluruh sistem akan terganggu.

Pastikan apakah service berkala yang diambil sudah termasuk service injektor atau belum. Beberapa bengkel memisahkan paket service lengkap dengan service injektor. Injektor bertugas menyalurkan bahan bakar ke ruang bakar sehingga kondisinya harus selalu baik.

2. Ganti Oli

Ganti oli sebaiknya dilakukan setelah jarak 1.000 km atau setiap 2 bulan sekali. Oli yang bersih berperan menjaga silinder, klep dan ruang mesin agar tidak mudah aus.

3. Ganti Busi

Ganti busi dapat dilakukan setelah mencapai jarak 10.000 km atau setahun sekali. Peran busi sangat penting sebagai pemantik pembakaran dan menghasilkan pembakaran yang sempurna.

4. Pemeriksaan Aki

Teknologi injeksi sangat bergantung pada aki untuk melakukan pembakaran. Pemilik motor harus memperhatikan masa pakai aki agar bisa bersiap-siap jika mendekati masa-masa turunnya kinerja aki.

5. Ganti Saringan Udara

Saringan atau filter udara disarankan diganti setelah 2.000 km pemakaian. Filter udara berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke ruang bakar. Udara yang kotor akan mengganggu sistem pembakaran.

Perawatan Motor Injeksi

Perawatan motor injeksi diperlukan untuk mengirit biaya servis atau memperlama masa pemakaian. Berikut adalah perawatan motor injeksi yang bisa dilakukan:

1. Menggunakan bahan bakar dengan oktan tinggi.

Bahan bakar yang disarankan adalah dengan oktan di atas 90. Bahan bakar dengan oktan tinggi akan menghasilkan pembakaran yang sempurna. Bahan bakar dengan oktan rendah dapat merongrong mesin sehingga mengakibatkan kerusakan sedikit demi sedikit.

2. Menggunakan suku cadang, pelumas dan onderdil lain sesuai dengan saran produsen motor tersebut. 

Tidak memedulikan perbedaan spesifikasi meski hanya kecil demi harga murah atau diskon besar beresiko mengganggu kinerja mesin, bahkan dapat merusaknya. 

3. Menjaga kebersihan kendaraan.

Rajin membersihkan motor dari debu dan air akan melindungi motor dari sumbatan debu dan korosi. Motor yang bersih juga memperlancar kerja pelumas.

Demikianlah ulasan tentang service motor injeksi dan perawatan yang diperlukan untuk menghasilkan kinerja maksimal serta memperlama masa pakai motor tersebut.