Saat motor terasa tidak nyaman karena ada suara yang mengganggu atau tarikan yang berat adalah tanda bahwa motor perlu diservis. Proses servis motor sendiri merupakan kegiatan rutin yang perlu dilakukan agar performa motor kembali nyaman.

Servis Motor Rutin

Komponen sepeda motor, cepat atau lambat akan mengalami penurunan performa bahkan mengalami kerusakan. Selain pembaruan pajak kendaraan, setiap 5 tahun sekali setidaknya ada sejumlah part yang diganti karena kualitasnya sudah menurun. Hal itu pasti dilakukan meskipun proses servis motor dilakukan secara rutin. Jika tidak dilakukan servis dengan teratur, kemungkinan Anda akan ganti motor dalam kurun waktu kurang dari 5 tahun.

Kerusakan kerap terjadi pada bagian motor yang aus, seperti shockbreaker, kampas rem, atau lampu. Bagitu juga pada bagian yang vital seperti ban atau aki. Semua komponen tersebut, memiliki masa pakai tertentu dan biasa diganti karena tersedia di bengkel atau toko sparepart otomotif di pasaran. Sementara servis motor seharunya bertujuan untuk mengembalikan kenyamanan mesin saat berkendara.

Tapi, apa saja yang dilakukan saat “Servis” motor?

 

Yang Dilakukan Saat Servis Motor

Servis motor umumnya dimulai dengan melakukan pengecekan komponen-komponen luar seperti lampu, klakson dan kelistrikan. Di samping itu, sejumlah bagian sparepart akan dibersihkan dengan kompresor flushing agar bersih dari debu dan kotoran.

Lalu, bagaimana dengan mesin?

Servis motor pada mesin dengan metode pembersihan terbilang sulit, terutama jika bagian dalamnya perlu dibersihkan secara total. Hal tersebut perlu dialukan dengan membongkar saluran pembakaran dan bodi mesin yang tentunya akan lebih sulit dan lebih lama. Hal ini merupakan request khusus yang dilakukan konsemen kepada montir bengkel agar bisa membersihkan mesin secara menyeluruh baik dari bagian dalam, hingga keluar.

Servis Motor Di Planet Ban

Servis motor di Planet Ban merupakan cara servis terbaru yang bukan hanya membersihkan debu di bodi mesin, mainkan juga membersihkan bagian dalam bersih agar mampu bekerja seperti mesin baru yang bersih dari kerak dan endapan pelumas.

Servis motor di Planet Ban dilakukan dengan mencampur cairan Auto-Clean Up ke dalam tangki bahan bakar dan cairan Auto-Tune Up ke dalam tangki oli sebelum oli mesin diganti dengan yang baru. Tujuannya adalah untuk membersihkan ruang bakar dan dapur pacu mesin serta ruang transmisi sehingga mesin menjadi ringan saat digunakan.

Setelah proses servis motor, konsumen cukup melakukan penggantian oli mesin pada bulan kedua seetelah servis atau setiap 5.000km untuk pemakaian harian dan kembali melakukan servis motor di Planet Ban untuk menjaga performa mesin tetap stabil seperti rasa mesin baru.