Virus Corona atau Covid-19 sudah mulai mewabah di Indonesia sejak akhir Februari lalu. Peningkatan jumlah penderita membuat masyarakat menjadi khawatir untuk beraktifitas karena virus Corona.

Pemerintah Republik Indonesia sendiri telah menghimbau untuk malakukan proses kerja dari rumah (Work From Home) dan sekolah dari rumah (School From Home). Namun kebijakan tersebut masoh bersifat tentatif mengingat banyaknya perusahaan dan lembaga pendidikan yang tidak mengikuti imbauan tersebut.

Masih banyak perusahaan atau profesi yang tidak bisa melakukan proses bekerja di rumah mambuat sebagian masyarakat tetap harus keluar rumah untuk beraktifitas. Namun, timbul juga kekhawatiran untuk penggunaan transportasi umum. Padatnya penumpang dikhawatirkan menjadi pemicu tertularnya virus Corona. Alih-alih menggunakan trasnportasi umum, beberapa orang diantaranya justru menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor.

Meski terasa lebih jauh dan lebih melelahkan, penggunaan sepeda motor dirasa lebih aman karena kemungkinan tertular dirasa lebih kecil. Selain karena mungkin Anda akan berkendara seorang diri, ada juga beberapa hal yang bisa dilakukan saat berkendara sepeda motor saat wabah virus Corona.

1. Pastikan Tubuh Fit

Berkendara dengan sepeda motor membuat tubuh terpapar angin dan panas, tergantung situasi cuaca. Hal ini dapat menggangu kesehatan tubuh dan mungkin juga mengakibatkan penurunan fitalitas tubuh. Saat akan berkendara dengan sepeda motor, pastikan Anda dalam keadaan yang fit sehingga kondisi tubuh tetap terjaga selama berkendara.

2. Gunakan Jaket Tebal

Paparan angin dan panas matahari atau hujan bisa mengakibatkan penurunan kualitas kesehatan tubuh. Penggunaan jaket tebal dapat membantu tubuh tetap hangat meski diterpa angin saat Anda berkendara dengan kecepatan tinggi.

3. Gunakan Masker

Perlindungan saluran pernapasan sangat penting saat berkendara sepeda motor ditengah mewabahnya virus Corona. Penggunaan masker dapat meminimalisir penyebaran virus Corona saat berada di luar rumah atau menghalangi debu masuk ke saluran pernapasan.

4. Helm Standar

Penggunaan helm sesuai standar nasional Indonesia (SNI) adalah hal yang tak kalah penting. Helm dengan Standar SNI ini melindungi bagian kepala dan juga dilengkapi kaca pelindung. Pengguaan kaca pada helm SNI ini juga dapat mencegah paparan debu dan mungkin virus yang ada di jalan.

5. Biasakan Bersih-bersih

Sesuai instruksi kesehatan standar WHO, setelah Anda dari luar, wajib mencuci tangan dan memebrsihkan tubuh untuk terbebas dari debu atau mungkin paparan virus Corona dari luar. Biasakan selalu mencuci tangan setelah berkendara setibanya di rumah.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan menjaga daya tahan tubuh. Lakukan pengecekan tubuh jika kesehatan terasa menurun. Semoga kita semua terbebas dari segala macam penyakit.

(RN)