Mengetahui cara merawat motor yang baik dan benat serta berkendara dengan benarmerupakan langkah bijak. Namun, berikut ini adalah 5 kesalahan yang bisa saja Anda lakukan tanpa sengaja dan membuat motor jadi cepat rusak.

Hal pertama, perhatikan saat akseleras dan pengereman. Jangan asal gas dan asal rem saat mendadak. Gas pol kemudian tiba-tiba mengerem akan menyebabkan mesin cepat rusak. Akan lebih baik jika Anda melakukan proses berkendara dengan stabil. Untuk mengurangi kecepatan maka kurangi tarikan gas secara perlahan.

Hal kedua, saat mengisi bensin. Gunakanlah bensin dengan oktan yang tinggi. Mungkin Anda berpandangan bensin beroktan rendah lebih murah. Padahal, bensin beroktan rendah membuat pembakaran pada mesin sepeda motor Anda kurang sempurna. Pilihlah bensin yang memiliki nilai oktan lebih tinggi terutama bagi motor injeksi. Motor injeksi telah dibuat agar menghasilkan pembakaran yang sempurna dan pemakaian bensin pun menjadi lebih irit.

Yang ketiga, oli! Sepeda motor membutuhkan oli yang tepat karena motor mempunyai konfigurasi mesin yang berbeda-beda. Agar tidak melakukan kesalahan dalam mengganti oli, perhatikan saja kualitas oli yang akan digunakan, apakah sudah sesuai dengan spesifikasi motor atau tidak.

Hal keempat yang bisa membuat sepeda motor Anda cepat rusak adalah membiarkan CVT belt atau rantai kotor. CVT belt atau rantai kotor yang kotor dapat mengakibatkan kerak yang menyebabkan umur pemakaiannya pendek atau cepat putus. Akan berbahaya CVT belt atau rantai putus saat Anda berkendara dengan kencang. Untuk menghindari hal ini, jangan lakukan kesalahan dengan membiarkan CVT belt atau rantai kotor dan tidak terawat.

Kesalahan kelima yang bisa dilakukan oleh pemilik sepeda motor adalah mengganti busi dan filter udara secara teratur. Pada saat servis rutin, bisa saja Anda mengabaikan hal ini karena merasa busi dan filter udara baik-baik saja. Tapi, akan lebih baik jika saat servis rutin, busi dan filter udara diganti sesuai dengan anjuran atau selaras dengan petunjuk pabrik soal penggantian busi dan filter udara.

Biasanya, di saat servis rutin, pemilik sepeda motor hanya memperhatikan perawatan mesin dan penggantian oli. Padahal, penggantian busi dan filter udara juga penting untuk menjaga performa mesin. Busi dan filter udara yang bersih akan membuat tarikan gas tetap ringan. Gantilah busi dan filter udara sesuai jadwal.