Waktu Servis Motor Matic Rutin dan Komponennya

Servis motor matic harus dilakukan dengan rutin demi performa kendaraan dan keamanan pengendara. Agar mendapatkan layanan yang tepat, pengendara perlu tahu kapan waktu yang tepat untuk melakukan servis motor.  

 

Selain waktu yang tepat, pengendara juga perlu mengetahui komponen apa saja yang perlu diganti. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.  

Servis Motor Matic Rutin, Apa Saja Komponennya?   

Berikut adalah berbagai komponen motor matic yang wajib diservis rutin lengkap dengan waktunya: 

1. Oli  

Komponen yang merupakan pelumas dan pendingin mesin ini berpengaruh besar terhadap kelancaran kinerja sepeda motor. Pilih oli dengan tingkat kekentalan yang sesuai dengan spesifikasi motor. 

 

Kemudian, ganti oli di bengkel tepercaya secara berkala setiap menempuh jarak 2.000 km atau agar lebih mudah diingat, setiap bulan sekali.    

2. Ban 

Meskipun tidak berpengaruh pada mesin, tetapi ban berpengaruh besar pada keselamatan pengendara. Ban yang aus meningkatkan risiko tergelincir.  

 

Demi keselamatan dalam berkendara, pastikan untuk mengganti ban paling lama 3 tahun sekali atau maksimal pada pemakaian 40.000 km.    

3. Aki 

Aki yang bermasalah akan mengakibatkan motor mogok, karena komponen inilah yang mengatur kelistrikan motor. Ada 2 jenis aki yang bisa dipilih sesuai preferensi masing-masing, yaitu aki basah dan aki kering. 

 

Demi kinerja motor matic yang maksimal, periksa kondisi aki basah setiap bulan. Sementara aki kering perlu diganti setiap 1,5-2 tahun.   

4. Kampas Rem 

Terjadi banyak kecelakaan yang diakibatkan rem blong atau cengkeraman yang kurang kuat. Inilah mengapa kampas rem menjadi komponen yang krusial untuk diganti secara rutin. 

 

Jika kampas rem menipis atau aus, maka segera lakukan penggantian di bengkel tepercaya. Penggantian harus dilakukan sebelum mencapai jarak tempuh 20.000 km. Namun, apabila kondisi jalanan yang dilalui buruk, maka kampas rem harus diganti lebih cepat.  

5. Busi 

Suku cadang berukuran kecil ini berperan penting dalam proses pembakaran mesin dengan memantik api. Jika busi sudah kotor atau melewati batas pemakaian, maka motor tak akan berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, busi harus segera diganti usai menempuh jarak 20.000 km.  

6. Filter   

Komponen dengan usia pakai yang rendah ini berperan untuk menyaring kotoran dari udara yang masuk ke ruang bakar. 

 

Kerusakan pada filter bisa menimbulkan suara bising akibat terhalangnya sirkulasi oleh kotoran yang menyangkut. Jadi, disarankan untuk mengganti filter setelah menempuh jarak 12.000 km.   

7. Lampu 

Tak sekadar untuk keperluan estetika semata, lampu motor juga berpengaruh pada keselamatan dalam berkendara. Lampu utama berfungsi sebagai penerangan, sehingga menghindarkan pengendara dari tabrakan, terutama pada malam hari. 

 

Selain itu, ada juga lampu sein yang berfungsi untuk menginformasikan kepada pengguna jalan lainnya bahwa Anda akan berbelok. Lalu ada lampu rem yang menginformasikan pengendara di belakang bahwa Anda sedang mengurangi kecepatan.     

 

Karena kualitas lampu yang berbeda-beda, maka waktu penggantiannya tidak bisa ditentukan seperti komponen motor yang lainnya. Namun, apabila lampu mulai tampak redup, segera ganti dengan yang baru. 

     

Saat melakukan servis motor matic, ingatlah untuk memeriksa dan memperbaiki atau mengganti (jika memang rusak) setiap komponen di atas demi keselamatan dalam berkendara.