Panas mesin atau overheat umumnya terjadi karena mesin motor yang dipakai bekerja ekstra keras. Penggunaan motor secara rutin dengan jarak tempuh yang jauh adalah salah satu penyebabnya. Oleh sebab itu, saat ini setiap motor dibekali dengan sistem pendingin kendaraan yang biasanya disebut radiator.

Sama seperti mobil, radiator dalam motor juga membutuhkan cairan pendingin untuk meredakan panas mesin akibat proses kerja mesin yang ekstra. Cairan pendingin tersebut biasanya juga disebut dengan water coolant. Tidak seperti air biasa yang bening, water coolant umumnya memiliki warna seperti biru, hijau atau merah. Perbedaan warna pada water coolant harus disesuaikan dengan tipe motornya. Hal ini dilakukan untuk menghindari efek karatan pada radiator dan menjaga performa mesin.

water coolant bisa menguap secara otomatis sehingga kadarnya berkurang tergantung dari seberapa panas mesin motor akibat perjalanan jauh. Namun, water coolant juga bisa tidak menguap dan tetap harus dicek secara berkala.

Umumnya, waktu yang ideal untuk mengisi ulang water coolant adalah setelah kendaraan menempuh jarak 12.000 km. Selain memperhatikan jarak tempuh, pengendara pun bisa melakukan pengecekan secara mandiri dengan cara membuka lubang radiator untuk langsung menambahkannya. Perlu diperhatikan, saat menambahkan atau mengganti cairan water coolant, pastikan mesin kendaraan dalam kondisi dingin.

 

Jangan khawatir, kini water coolant sudah tersedia juga di Planet Ban. Kamu gak perlu khawatir lagi soal panas mesin, karena kamu bisa segera mendapatkan coolant water di seluruh Planet Ban terdekat di kota kamu!

 

(RN)