8 Tips Mudik Naik Motor dengan Aman

Mudik adalah tradisi yang ditunggu-tunggu jelang Idul Fitri. Selain naik mobil dan transportasi umum, mudik naik motor merupakan alternatif yang dipilih banyak orang. 

 

Hal ini karena mudik dengan motor dianggap lebih cepat, terlebih jika untuk berdua saja. Selain itu, biaya yang dibutuhkan juga cenderung rendah.   

Tips Mudik Naik Motor 

Sebelum mudik naik motor, simak dan ikuti deretan tips berikut ini agar selamat di dalam perjalanan. 

1. Periksa Kondisi Motor 

Saat mudik, kemungkinan besar tidak banyak bengkel yang beroperasi. Maka dari itu, sebelum berangkat mudik, periksakan kondisi motor dengan lengkap. 

 

Periksa seluruh komponen motor di bengkel tepercaya. Mulai dari aki, rem, mesin, oli, hingga ban. Jika ada komponen yang perlu diganti, catat tanggal penggantiannya untuk memudahkan penggantian di kemudian hari.  

2. Kenakan Pakaian yang Nyaman 

Cuaca saat mudik memang tidak bisa diprediksi. Jadi, disarankan untuk mengenakan pakaian yang nyaman dan dan melindungi diri dari panas, angin, hujan. 

 

Kenakan helm SNI semi keamanan, jaket motor yang nyaman, sarung tangan, dan alas kaki yang tertutup. Ingatlah juga untuk selalu membawa jas hujan guna mengantisipasi turunnya hujan di tengah perjalanan.   

3. Siapkan Surat Penting 

Ingatlah juga untuk menyiapkan berbagai surat penting dalam berkendara, yakni: KTP, SIM, dan STNK. Apabila sedang ada penertiban dari polisi lalu lintas, maka perjalanan tidak akan terkendala akibat kurangnya surat berkendara.  

4. Siapkan Bahan Bakar 

Selanjutnya, pastikan tangki bahan bakar sudah penuh sebelum berangkat mudik. Pasalnya, akan sulit untuk bisa mendapatkan bahan bakar di tengah perjalanan mudik karena tidak banyak pom bensin yang beroperasi. Sekalipun ada yang beroperasi, antreannya akan sangat panjang, sehingga menguras banyak waktu dan tenaga. 

5. Bawa Barang sesuai Kapasitas 

Sebelum berangkat, atur barang apa saja yang akan dibawa. Pastikan untuk membawa semua barang penting, termasuk obat-obatan pribadi. Namun, jangan sampai membawa barang di luar kapasitas. 

 

Khusus motor matik, bobot yang dibawa tidak boleh lebih dari 150 kg. Angka ini sudah termasuk bobot pengendara, pengemudi, dan barang-barang yang dibawa. Jika melebihi kapasitas, maka itu akan meningkatkan risiko kecelakaan.  

6. Bawa Bekal 

Perjalanan mudik tentu akan sangat melelahkan. Oleh karena itu, pengendara perlu membawa bekal yang cukup, mulai dari makanan berat hingga air mineral. 

 

Pastikan membawa makanan yang praktis dan mudah untuk dimakan. Hindari membawa makanan berkuah, karena akan cenderung sulit untuk dimakan di tengah perjalanan. 

7. Patuhi Rambu Lalu Lintas 

Demi keamanan dan kenyamanan setiap pengguna jalan, teruslah patuhi setiap rambu lalu lintas. Mulai dari kecepatan maksimum, lampu lalu lintas, berbagai rambu lainnya, tidak menaiki trotoar, hingga tidak melewati palang pintu kereta api.  

8. Istirahat 

Apabila mulai merasa lelah, jangan paksakan diri, melainkan istirahatlah di rest area terdekat. Di rest area terdapat berbagai fasilitas yang mendukung kegiatan istirahat, seperti toilet, musala, dan tempat makan. Tak sedikit pengendara yang memilih untuk tidur sejenak di tempat makan. 

  

Ikuti deretan tips mudik naik motor di atas agar perjalanan berjalan aman dan lancar. Hati-hati di jalan!