Berkendara di kota besar sangat memungkin untuk menghadapi kemacetan. Disamping itu, jarak perjalanan yang jauh membuat penggunaan bahan bakar kendaraan bermotor (BBM) menjadi lebih boros. Harga bahan bakar minyak seringkali mengalami kenaikan. Disamping itu, bahan bakar juga merupakan salah satu kebutuhan penting.

Penggunaan sepeda motor yang dianggap lebih efisien, justru menjadi lebih boros. Agar pengeluaran tidak membengkak para pengguna kendaraan, khususnya kendaraan bermotor harus cerdik mengontrol pengeluaran BBM.

Khusus skuter matic, penggunaan motor tanpa transmisi memang terasa sangat mudah dan efisien. Tidak heran, sepeda motor tipe ini melejit mengalahkan penjualan sepeda motor tipe bebek. Penggunaan sepeda motor tipe sport pun masih berada di peringkat kedua karena harganya yang terbilang mahal. Namun, skuter matic yang digadang-gadang sebagai jenis transportasi yang irit BBM, masih juga mencekik kantong. Di beberapa kasus, skutik mengalami boros bahan bakar setelah pemakaian di atas 15.000km.

Agar tidak merogoh kocek lebih dalam lagi, pengiritan bahan bakar perlu dilakukan. Memang tidak ada trik khusus atau modifikasi mesin. Namun jika Anda memperhatikan hal-hal berikut, bensin motor bisa lebih hemat!

Cek Busi Secara Rutin
Saat melakukan servis berkala, lakukan pengecekan pada busi, apakah masih berfungsi normal atau telah mengalami penurunan. Busi yang bermasalah dapat mengakibatkan keborosan dalam penggunaan bensin. Selain boros bahan bakar, busi yang sudah usang juga dapat merusak kinerja mesin motor.

Oli Mesin Berkualitas
Pemilihan pelumas yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan mesin, tentunya mempengaruhi performa motor. Pelumas berkualitas yang tepat akan membuat gesekan dalam mesin motor menjadi lebih halus sehingga dapat mengurangi suhu panas mesin yang membaut konsumsi bahan bakar lebih hemat.

Kondisi Dan Spesifikasi Motor
Saat memilih sepeda motor yang akan digunakan, Anda perlu mengetahui spesifikasi dari motor tersebut. Terutama jika Anda membeli motor bekas. Kondisi dan spesifikasi kendaraan juga mempengaruhi bahan bakar minyak (BBM) maksimal.

Tekanan Angin Ban
Salah satu faktor yang bisa membuat motor boros bahan bakar adaah tekanan angin yang berkurang pada ban. Kurangnya tekanan angin membuat putaran roda menjadi berat dan laju motor jadi lebih lambat. Akibatnya bahan bakar dibutuhkan pun jadi lebih banyak.

Cara Berkendara
Tanpa disadari, cara berkendara juga penting untuk menghemat konsumsi BBM. Tarikan gas yang naik turun dengan kecepatan yang tidak stabil dalam jarak tempuh yang jauh membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

Mengendarai sepeda motor dengan konsumsi bahan bakar yang tinggi dapat membebani Anda secara finansial. Dengan beberapa trik diatas, semoga dapat membantu Anda untuk lebih menghemat pengeluaran bahan bakar.