Pada umumnya sepeda motor memiliki dua cara atau pilihan untuk menghidupkannya yaitu dengan starter dan engkol. Mayoritas masyarakat biasanya lebih senang menggunakan cara yang pertama yaitu starter karena lebih mudah dan tidak perlu mengeluarkan tenaga. Namun kadang kala starter mengalami kendala yang salah satu penyebabnya adalah aki yang sudah usang.

Maka pilihan satu-satunya untuk menghidupkan sepeda motor adalah dengan cara diengkol. Tapi, apabila engkol motor bebek Anda juga mengalami masalah, tenang dulu, kami punya solusi jitu untuk memperbaiki engkol motor yang sedang macet berikut ini.

Penyebab Engkol Motor Macet

1. Klep Kotor

Penyebab pertama engkol mengalami kemacetan adalah klep yang kotor. Sebagai salah satu komponen sepeda motor, klep mempunyai fungsi untuk mengatur keluar masuknya gas dalam proses pembakaran dan sebagai tempat keluarnya sisa hasil pembakaran. Di sinilah tempat keluarnya kotoran dari hasil pembakaran bahan bakar, karena itu klep harus dibersihkan secara berkala. Apabila tidak, kotoran tersebut akan menumpuk dan menyebabkan kebocoran pada sistem kompresi. Kompresi yang mengalami kebocoran biasanya akan menghasilkan tekanan yang rendah dan menyebabkan terjadinya compression loss sehingga motor sulit untuk diengkol.

2. Kurang Pelumas

Penyebab lain dari engkol motor macet adalah kurangnya pelumas. Pelumas yang kurang akan menyebabkan per stopper antara gigi-gigi pada engkol mengalami pengaratan. Apabila dibiarkan terus-menerus, engkol yang berkarat akan menyebabkan sepeda motor tidak dapat bergerak sepenuhnya. Untuk dapat mengatasi hal tersebut, Anda perlu untuk membongkar sparepart dan menambahkan oli atau pelumas.

Cari oli untuk mesin motor? Cari di sini!

3. Sepeda Motor Jarang Digunakan

Apabila Anda memiliki opini bahwa sepeda motor yang jarang digunakan akan awet dan tahan lama, itu salah besar. Jarang digunakan justru dapat menjadi salah satu penyebab sepeda motor susah diengkol.

4. Aki yang Sudah Usang

Penyebab keempat dari engkol motor yang macet adalah aki yang sudah usang dan tidak berfungsi dengan baik. Sebagai komponen yang mengalirkan listrik, aki tentu memiliki kegunaan yang sangat vital dalam sistem kerja sepeda motor. Aki yang sudah usang tidak dapat menghasilkan percikan api untuk membakar bahan bakar pada sepeda motor Anda. Ketika Anda mencoba untuk mengengkol sepeda motor, maka mekanik pada busi akan memicu aliran listrik dari aki, apabila aki sudah tidak berfungsi, maka listrik tidak dapat mengalir menuju busi, sehingga motor tidak dapat menyala.

Baca juga: Cara Sederhana Merawat Kualitas Aki

5. Jenis Bahan Bakar

Faktor yang satu ini mungkin jarang disadari oleh masyarakat yaitu jenis bahan bakar yang digunakan juga berpengaruh pada engkol sepeda motor. Faktor kelima ini juga memiliki keterkaitan yang erat dengan faktor yang pertama yaitu klep motor. Bahan bakar yang memiliki bilangan oktan atau RON cukup tinggi, biasanya akan menghasilkan kotoran yang sedikit pada klep motor, sehingga klep akan selalu dalam keadaan bersih.

6. Kabel Kelistrikan

Sebagai alat yang dapat digunakan untuk berkendara hanya dengan menggunakan bahan bakar, tentu sepeda motor memiliki begitu banyak kabel dengan aliran listrik yang berasal dari aki. Apabila engkol pada sepeda motor anda mengalami kemacetan, hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengecek salah satu kabel tersebut, apakah terdapat salah satu yang terputus dan perlu disambung.

Baca juga: Solusi Ban Bocor dan Aki Soak pada Sepeda Motor

Cara Memperbaiki Engkol Motor Macet

Sebenarnya ada beberapa cara mudah untuk memperbaiki engkol motor yang macet. Yakni dengan membersihkan CVT secara berkala. Caranya buka tutup CVT dan bersihkan kotoran-kotoran yang menempel dengan bensin dan sapu kecil. Jika kotoran membandel, maka Anda bisa memakai kompresor. Selanjutnya berikan gemuk pada pada per stopper dan alur gir sepeda motor supaya dapat bergerak lancar. Dan tentu saja, bagian yang tidak boleh dilewatkan adalah membersihkan gir starter. Demikian sedikit ulasan mengenai penyebab engkol motor macet dan cara memperbaikinya. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

Itulah beberapa penyebab dan cara memperbaiki engkol motor macet. Sebaiknya, rawat motor Anda secara berkala sebelum kejadian yang lebih parah semakin membuat motor Anda rusak. Semoga bermanfaat!

(ER / RN )