waspada cvt belt putus di jalan

Motor jenis matik menggunakan CVT (Continuous Variable Transmission) sebagai penggerak roda belakang. Jauh berbeda dengan motor tipe bebek dan sport yang pakai rantai.

Pada CVT terdapat banyak komponen yang saling terhubung, seperti roller, kampas kopling ganda, mangkok kopling sampai belt. Dan dari komponen tadi, belt jadi bagian yang paling vital.

Tugas belt menghubungkan antara pulley depan dan pulley belakang yang menggerakkan roda. Jika belt putus, roda enggak akan bisa berputar meski mesin hidup normal.

Terkadang banyak orang yang luput memeriksa komponen ini karena posisinya yang tertutup, dan untuk melepas komponen di dalamnya butuh alat khusus seperti treker dan sabuk pengikat.

Selain itu untuk melakukan perawatan CVT butuh biaya tambahan diluar jasa servis rutin. Jadi kalian harus bayar dobel, uang yang keluar semakin banyak deh.

 

Rawat Rutin Belt Hanya Rp 39 Ribu

CVT Belt motor putus

 

Lain cerita jika kalian melakukan perawatan motor matik di Planet Ban, karena tersedia paket servis dengan biaya Rp 39 ribu sudah termasuk pembersihan dan perawatan komponen CVT termasuk belt.

Terjangkau bangetkan?

Belt tadi diperiksa kondisinya, jika secara fisik belum menunjukkan gejala getas atau pecah-pecah, belt akan disemprotkan cairan belt conditioner supaya kembali lentur. Ini untuk mencegah belt putus mendadak di jalan.

O iya, selain memeriksa kondisi CVT dan belt, dengan biaya Rp 39 ribu tadi motor juga akan dibersihkan throttle body-nya, komponen ini merupakan pengganti karburator di motor injeksi sekarang.

Baca juga: APA ITU THROTTLE BODY ATAU GANTINYA KARBU DI MOTOR MASA KINI?

Kemudian juga dilakukan pengecekan dan pemeriksaan komponen motor lainnya seperti ban, rem, radiator, aki, filter udara, busi, ECU dan rantai.

Dijamin puas deh!